senirupa

Wednesday, February 5, 2014

Hajatan senirupa di Sanggar 55 Banda Aceh


Berada di kawasan  Gampong Lueng Bata, Banda Aceh, Studio Sanggar 55 terletak di jalan Ir. M. Thaher, No. 55. Studio sekaligus sanggar senirupa ini diinisiasi oleh perupa senior Rein Asmara dan Dedy Kalee. Menurut Deddy Kalee, keberadaan sanggar ini kelak setidaknya bisa memberi ransangan pada perupa muda untuk melahirkan karya melalui diskusi dan edukasi yang berkelanjutan. 

sementara Rein Asmara berharap, Sanggar 55 kelak bisa menjadi tempat dimana para perupa khususnya Banda Aceh bisa memamerkan hasil karya mereka. baik itu perupa muda atau perupa senior.

sanggar yang terletak berhadap-hadapan dengan kantor pengairan di komplek PLN ini sudah mulai memajang karya lukis walau masih terbatas karya Reins Asmara. selain karya Lukis Reins Asmara, karya yang mulai dipajang juga karya kriya Deddy sendiri. dari ukiran kaligrafi hingga akar kayu yang belum diolah. 

"karya yang dipajang masih terbatas, insyallah setelah launching dan pameran perdana pertengahan bulan ini, koleksi rupa akan kita tambah." ungkap Deddy. 

pertengahan bulan Januari ini, Sanggar 55 mengadakan 3 rangkaian agenda. lomba melukis tingkat SD, Launching dan Pameran bersama perupa. untuk lomba lukis dikhususkan hanya untuk tingkat SD di Banda Aceh pada tanggal 15 Januari dari pagi sampai siang. sorenya, lansung acara launching dan sekalian dibukanya pameran bersama.

Pameran bersama ini bertajuk 'Pelangi lupa-lupa warnanya'.  akan menampilkan karya dari perupa muda dan senior seperti Reins Asmara, Iswadi Basri, Zul MS dan lain-lain. perupa-perupa itu akan menampilkan karya-karya terbaik mereka.

"sementara untuk para pemenang lomba melukis siswa, mereka akan mendapat paket belajar gratis selama sebulan di sanggar. selain mendapat piala dan uang" ujar Deddy.